Pengertian Sejarah - Globalmedia Stories

Sejarah


Pengertian Sejarah (Bahasa yunani : iotopia, historia, yang berarti “penyelidikan, pengetahuan yang di peroleh dari penelitian. Sejarah adalah studi menceritakan masalalu, khusunya bagaimana  kaitannya dengan manusia. Dalam Bahasa Indonesia sejarah babad, hikayat, riwayat, atau tambo dapat di artikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar terjadi dimasa lalu ataupun asal usul, keturunan, silsilah, terutama bagi pemerintah masa lampau. Ini merupakan istilah umum yang ada hubungannya dengan pristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai pristiwa masa lampau. Instilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi seringkali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Para serjana yang menulis tentang sejara disebut ahli sejarah atau sejarawan. Dan pristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis disebut prasejarah.
Sejarah juga mengacu ke dalam bidang akademis yang menggunakna narasi untuk memeriksa urutan pristiwa masalalu secara pola sebab dan akibat. Cerita umum suatu budaya tertentu, tetapi tidak didukung oleh pihak luar (contonya seputar Raja Arthur) biasanya sebagai warisan budaya atau legenda, karena mereka tidak mendukung “penyelidikan tertarik” yang diperlukan dari disiplin sejarah. Herodotus, abad 5 SM ahli sejarah Yunani dianggap sebagai “bapak sejarah” bersama dengan kontemporer Thucydides, membantu membentuk dasar dari studi modern sejarah manusia. Kiprah mereka dibaca terus dan kesenjangan antara budaya Herodotus dan Thucydides militer yang berpokus menjadi titik pertikaian dalam penulisan sejarah modern.
Sejarah terus berkesinambungan sehingga rentan pristiwa yang panjang, oleh karena itu sejarah mencakup:
  • Masalalu yang diurutkan berdasarkan waktu (kronologis).
  • Hubungannya dengan sebab akibat.
  • Kebenarannya bersifat subjektif sebab masih perladanya penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakik.
  • Kebenaran sejarah menyangkut pristiwa masa lampau, masakini, dan masa yang akan datang.

Etimologi



Sejarah

Kata sejarah secara harafiyah berasal dari Bahasa arab yaitu syajarotun yang artinya pohon. Kemudian berkembang menjadi akar, keturunan, asal-usul, riwayat dan sil-silah. Dalam Bahasa arab sendiri, sejarah disebut tarikh. Adapun kata tarikh dalam Bahasa Indonesia adalah waktu/penanggalan. Istilah sejarah asalmulanya dalam Bahasa yunani historia. Dalam Bahasa inggris history, Bahasa prancis historie, Bahasa italia storia, Bahasa jerman geschichte, yang bearti terjadi, dan Bahasa belanda gescheiedenis.
Istilah ini masuk 1390 di dalam Bahasa inggris dengan maknanya “hunungan kejadian, cerita. Pada Bahasa inggris pertengahan, artinya “cerita” secara umum. Pada abad ke-15 muncul pembatas yaitu “catatan peristiwa masa lalu”, yang masih dalam Bahasa yunani dan pada saat itu juga Francis Bacon menggunakan istilah itu pada abad ke-16 tentang menulis “Sejarah Alam”. Baginya, historia adalah “pengetahuan tentang objek yang ditentukan oleh ruang dan waktu”, sehingga pengetahuan disediakan oleh ingatan, sementara ilmu disediakan oleh akal, dan puisi disediakan oleh fantasi.
Historia dalam pengertian sebuah “Penelitian Sejarah” dibuktikan dari tahun 1531, dalam semua Bahasa eropa, “Sejarah” masih menggunakan kata “apa yang terjadi dengan laki-laki”, dan “studi ilmiah yang terjadi”.

Pengertian menurut para ahli
  • J.V. Bryce

Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.

  • W.H. Walsh

Sejarah itu menitikbaratkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliput tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

  • Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

  • Roeslan Abdulgani

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untu kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan pembendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

  • Moh. Yamin

Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa pristiwa yang dapat dibuktika dengan bahan kenyataan.

  • Ibnu Khaldun (1332-1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

  • R. Moh. Ali
Pengertian sejarah Moh. Ali :

Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.

Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita

Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan peristiwa kenyataan disekitar kita.

  • Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi dimasa lampau.

  • Taufik Abdullah

Sejarah adalah tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu dimasa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.

  • Drs. Sidi Gazalba

Sejarah adalah masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang berlaku.

  • Rober V. Daniels

Sejarah adalah kenanangan dari tumpuan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah manusia. Manusia merupakan pelakau sejarah. Kemampuan yang dimiliki manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada disekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya. Memori itu akan menjadi sumber sejarah.

  • R. G. Collingwood

Sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang dilakukan manusia dimasa lampau.



Refrensi 








 
 
Pengertian Sejarah - Globalmedia Stories Pengertian Sejarah - Globalmedia Stories Reviewed by Cepi Yahya on March 04, 2017 Rating: 5

No comments

Popular Posts