Komputer Terapan Jaringan dan Sejarah - Globalmedia Stories

Komputer Terapan

  Pengertian Komputer Terapan Jaringan.
Komputer terapan jaringan adalah kelompok computer rekayasa yang saling terhubung antara satu sama lainnya menggunkan protocol komunikasi sebagai media komunikasi, sehingga dapat saling tukar informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras, dengan tujuannya membawa informasi secara cepat dan tepat. Jadi sederhananya adalah sekumpulan computer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama-sama.

Sejarah

Komputer Generasi Pertama.
Komputer Terapan
Komputergenerasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan computer elektronika pertama didunia yang berbobot seberat 30 ton, panjangnya 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer ini menggunakan tabung hampa udara (Vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk pengiuat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti : mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Ciri-Ciri Komputer Generasi pertama :
  • 1.    Komputer masih mengeluarkan panas.
  • 2.    Masih menggunakan tabung hampa (Vacuum-Tube).
  • 3.    Programnya masih menggunakan Bahasa mesin (Machine Language), yang tersimpan dalam memory computer.
  • 4.    Membutuhkan listrik cukup besar.
  • 5.    Penyimpanannya kecil dan terbatas.
  • 6.    Programnya masih menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • 7.    Prosesnya relative lambat.
  • 8.    Komputernya masih cukup besar, diperlukan 1 ruangan untuk 1 komputer.
  • 9.    Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  • 10.  Menggunakan system luar magnetic tape dan magnetic disk.

Komputer Generasi Kedua
Komputer Terapan
Generasi kedua lahir pada tahun 1960-an penmuan transistor sangat berpengaruh dalam perkembangan komputer saat itu. Transistor dapat menggantikan tabung hampa udara. Dalam hal tersebut bisa mengubah ukuran mesin-mesin elektrik. Transistor mulai digunakan pada tahun 1959-an penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu perkembangan computer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih diandalkan, dan lebih hemat energy dibandingkan dengan computer generasi pertama.
Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua
  • 1.    Program dibuat dengan Bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti Fortran, Cobol, Algol.
  • 2.    Kapasitas memori utama cukup besar.
  • 3.    Ukuran computer lebih kecil dari generasi pertama.
  • 4.    Sirkutinya adalah transistor.
  • 5.    Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik.
  • 6.    Berorientasi pada bisnis dan teknik.
  • 7.    Proses oprasi sudah cepat.

Komputer Generasi Ketiga.
Komputer Terapan
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang sangat peasat. Komputer ketiga mucul pada tahun era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effesien lagi membuat para ilmuan mencari alternative lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa (Quartz rock) Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit trintegrasi (IC: Integrated circuit) di tahun 1958. Hal oitu yang mendorng munculnya computer generasi ketiga.

Komputer Generasi Keempa.
Komputer Terapan
 
Setelah IC ditemukan, perkembangn computer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, Intel berhasil memasukan sebauh komponen dalam sebuah computer (Central Processing Unit, memori dan kendali input/output) kedala sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan deprogram untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat
1.    Dikembangkan computer micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
2.    Pada generasi ini computer sudah memiliki Large Scale Integration (LSI).

Komputer Generasi Kelima.
Komputer Terapan
Komputer generasi kelima adalah computer yang diguaka saat ini ditandai dengan munculnya : LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocessor. Selain itu muncul juga microprocessor dan semi conductor. Prusahaan yang membuatnya diantarnya : Intel corporation, Motorola, zilog dan lainnya. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium 4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corpration yang diharapkan dapat menutupi segela kelmahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu kecempatanya sangat ceapt yaitu 2 Ghz. Gambar tampilanya menjadi lebih halus dan tajam, dan menerima atau mengirim gambar sangat cepat.
 
1     Bagan Sistem Komputer minimal.
Komputer Terapan



1.    Jenis-jenis mikrokontroler popular :
  • a)    AVR
Mikrokontroler Alv and Vegard’s Risc Processor atau AVR merupakan mikrokontroler RISC 8 bit. Karena kode intruksinya dikemas dalam satu siklus clock. AVR juga merupakan mikrokontroler yang sering digunakan dlam bidang elektronika dan instrumentasi.
  • b)    MCS51
Mikrokontroler ii termasuk microkontroler CISC. Sebagian besar intruksi di eksekusi dalam 12 siklus clock. Mikrokontroler ii awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokotroler chip tunggal, sebuah mode perluasan sudah mengijinkan ROM luar 64kb dan RAM luar 64kb di beri alamat dengan cara jalur pemilhan chip yang terpisah untuk akses program dan memori data. Salah satu kemampuan mikrokontroler 8051  adalah pemasukan  sebuah mesin pemroses Boolean yang mengijinkan oprasi logika Boolean tingkatan-bit dapat ditingkatkan secara langsung dan efesien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLC (Programmable Logic Control).
  • c)    PIC
PIC merupakan kepanjangan dari Programmable Interface Controller. Tetapi perkembangannya namanya berubah menjadi Programmable Intelligent Computer. PIC merupakan keluarga dari mikrokontroler berarsitektur Harvard yang dibuat Microchip Technology. Dan dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronika General Intruments dengan namanya PIC 1640 dan sekarang sedang pembuatan PIC yang keenam.
  • d)    ARM
ARM merupakan prosesor dengan arsitektur set intruksi 32 bit RISC (Reduced Intruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan kepanjangan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya terkenal dengan nama Acorn RISC Machine). Awalnya ARM dikembangkan untuk PC (Personal Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan acorn Coomputers bangkrut.

Refrensi 
  • Modul Komputer Terapan.

Komputer Terapan Jaringan dan Sejarah - Globalmedia Stories Komputer Terapan Jaringan dan Sejarah - Globalmedia Stories Reviewed by Cepi Yahya on March 02, 2017 Rating: 5

No comments

Popular Posts