Komputer Jaringan - Globalmedia Stories



Komputer Jaringan - Globalmedia Stories
Jaringan computer adalah sebuah system yang terdiri dari dua atau lebih computer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras. Kalau menurut Wikipedia Jaringan computer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar computer untuk saling bertukar data.
Istilah jaringan computer diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi, tujuan dibangunnya jaringan computer adalah agar informasi data di bawa pengirim (transmitter) dapat sampai ke penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Sejarah

Komputer Jaringan - Globalmedia Stories
Jaringan Komputer bermula pada lahirnya konsep jaringan computer pada tahun 1940-an di Amerika yang di gagas oleh proyek pengembangan computer MODELI di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harved yang dipimpin professor Howard Aiken.Awalnya proyek tersebut hanya untuk memanfaatkan perangkat computer harus di pakai bersamaan untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong di buatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga computer di jalankan dengan kaidah antrian.
1950-an ketika computer berkembang dan terciptanya super computer,maka computer harus menjadi terminal, pada saat itu di temukanlah konsep distribusi konsep berdasarkan waktu atau TSS (Time Sharing System). Di situlah pertama kali bentuk bentuk jaringan (network) computer dipublikasikan. Terminal TSS terhubung secara seri kesebuah computer dan perangkat lainya yang terhubung satujaringan (Host) computer. Dalam proses TSS mulailah terlihat perpaduan teknologi computer dan teknologi komunikasi. Defense Advanced Rasearch Projects Agency (DRAPA) memutuskan untuk mengadakan riset bertujuan menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic pada tahun 1969. Yang dikenal ARPANET. Pada 1970  sudah lebih dari 10 komputer dihubungkan satu sama lain dan dapat saling berkomunikasi dan membentuk jaringan. Pada 1970 juga computer menjadi sangat mahal, maka mulailah konsep distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini host mengerjakan pekerjaan besar yang secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secaraseri di setiap host.
Pada tahun 1972, Roy Tomilinson berhasil membuat program surat elektronik (Email) yang di buatunuk ARPANET. Program tersebut sangat mudah digunakan. Padatahun itu juga ikon (@) di perkenalkan yang artinya “pada”. Tahun 1973 mulai di perkenalkan luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan computer pertama yang memakaijaringan ARPANET. Pada tahun yang sama dua ahli computer, Viton  Cerfdan Bob Kahn mempresentasikan pemikiran International Network (Internet). Pertama kali dipersentasikan di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya yaitu pada 29 Maret 1976 ketika ratu inggris mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan news grup yang pertama di berinama USNET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telcom menciptakan telepon televise pertama, dimana orang saling terhubung dengan video link. Padatahun 1982 dibentuk sebuah Transmission Control Protokol (TCP) atau Internet Protokol (IP), di Eropa muncul sebuah jaringan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET menyediakan jasa elektronik dan news grup USENET.
Pada 1984 di pekenalkan Penamaan Domain atau domain name agar dapat menyeragamkan domain name (DNS). Pada saat itu computer sudah tersambung 1000 komputer tapi pada 1987 jaringan computer melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan computer terus bekembang. Dan pada tahun 1988 Jarkko Oikarine yang kebangsaan Finlandia menemukan dan memperkenalkan Internet Relay Chat atau IRC yang memungkinkan orang bias chat lebihdaridua orang. Satu tahun kemudian jaringan computer melonjak lagi 10 kali lipat menjadi 100000 komputer. Pertengahan tahun 1990 Time Berners Lee merayang program yang di sebut Waring Ware Wanuaatau World Wide Web yang bias menjelajah computer satu sama lain.
Pada tahun 1992 komputer membentuk jaringan sudah tak terhitung, dan pada tuhun yang sama istilah surfing (menjelajah) muncul. Pdatahun 1994 situs internet makin berkembang menjadi 3000 alamat halaman. Pada tahun yang sama yahoo di dirikan dan sekaligus lahirnya Netscape Navigator.
Kalisifikasi
Komputer Jaringan - Globalmedia Stories
Jaringan computer berdasarkan:
1)    Sekala :
Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan computer yang mencangkup wilayah kecil seperti kampus, gedung, kantor, sekolah, dalam rumah atau yang lebih kecil.
Metropolitan Area Network (MAN).
MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transper data berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberap alokasi contohnya kantor, kampus, pemerintah dll.
Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan computer yang mencangkup sekala besar contohnya computer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
Campus Area Network (CAN)
CAN adalah sebuah jaringan kampus, jaringan daerah, jaringan area perusahaan atau bisa adalah sebuah jaringan computer terdiri dari interkoneksi jaringan area local.
B.    SumeberData :
Jaringan terpusat jaringan ini terdiri dari computer Clien dan pladen yang mana computer clien yang berpungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari computer peladen.
Jaringan Distribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa computer peladen yang saling berhubungan dengan clien membentuk system jaringan.
C.   Fungsinya :tr
1.    Clien Server
Jaringan yang bertugas melakukan permintaan data dan server bertugas melayani permintaan tersebut.

2.    Peer To Peer
Jaringan yang tidak lebih 10 komputer dengan 1-2 printer. Sebuah teknologi sharing resource dan service antara satu computer dengan computer lainya yang fungsinya sebagai client sekaligus server.

D.   Media Transmisi :
1.    Jaringan Berkabel adalah kabel yang berfungsi pengiriman informasi dalam bentuk sinyal listrik antar computer jaringan.
2.    Jaringan Nirkabel adalah transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik, sehingga menggunakan sinyal wifi.

E.    Topologinya :
1.    Topologi Bus/Linear
Topolgi bus tersusun rapi seperti antrian dengan menggunakan satu kabel coaxial, dan setiap computer terhubung kekabel menggunakn BNC, dan ujung kabel coaxial harus di akhiri oleh terminator.
·         Kelebihannya adalah kabelnya tidak banyak dan menghemat pemasangan.
·         Kekurangannya adalah kalau terjadi gangguan atau masalah pada satu computer bisa mengganggu jaringan computer lainnya.
2.    Topologi Ring
Pada topologi ring setiap computer dihubungkan dengan computer lainnya dan seterusnya sampai balik lagi ke computer pertama dan seperti membuat lingkaran, topologi ini berkomunikasi menggunakan token untuk mengontrol hak akses untuk menerima data. Misalnya computer 1 mengirimke computer 4 maka data akan melewati computer 2 dan 3 sampai di terima oleh computer 4.
·         Kelebihannya kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumalah kabel LAN sehingga menghemat biaya.
·         Kekuranganya adalah jika salah satu computer atau kabel bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu atau error.
3.    Topologi Star
Topologi Star topologi ini membentuk seperti bintang karena semua computer dihubungkan kesebuah hub/switch dengan kabel UTP sehinnga hub/switch lah pusat dari jaringan dan betugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika computer 1 ingin mengirim data ke computer 3, data akan dikirim dulu ke switch dan langsung di kirim ke computer tujuan. Topologi inilah paling banyak di gunakan karena banyak kelebihannya.
·         Kelebihannya adalah sangat mudah mendeteksi computer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk menambahkan dan pengurangan computer, serta tingkat keamanannya sangat tinggi.
·         Kekurangannya adalah memerlukan biayatinggi untuk pemasangannya, kesetabilan jaringannya sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga kalua hub/switch mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.
4.    Topologi Tree/Hierarkh
Topologi Tree merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus, bisanya di topologi ini ada beberapa tingkat jaringan, dan jaringanya berbeda pada tingkat lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.
·         Kelebihannya mudah menemukan kesalahan dan mudah melakukan perubahan jaringan.
·         Kekurangannya banyak menggunakan kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat, jika ada kesalahan pada jaringan tingkat tinggi maka tingkat rendah akan terganggu.
5.    Topologi Mesh/Jala.
Pada Topologi ini setiap computer akan terhubung dengan computer lainnya dalam jaringan menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai computer tujuan tanpa melalui computer lain atau switch/hub.
·         Kelebihannyaadalah proses pengirimannya lebih cepat, jika salah satu computer rusak kerusakanya tidak akan mengganggu computer lain.
·         Kekurangannya adalah akan memakan banyak sekali biaya dan proses instalasinya sangat rumit sekali.
Syarat Komputer Untuk Akses Internet :
1.    Kapasitas Komputer :Kapasitas computer Pentium 3 yaitu :

Prosesor minimal : 2.0 GHz

Hardisk minimal : 64 MB

RAM : 32 MB – 64 MB

2.    Software

3.    ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarakat untuk mengakses internet.

4.    Peran ISP

A.    Media jasa penghubung internet.

B.    Mengubungkan gateway ke internet.
C.   Menyediakan modem untuk dial-up
D.   Menghubungkan user kelayanan informasi World Wide Web (WWW).
E.    Untukmengirimsuratelektronik.
F.    Melakukan percakapan lewat internet
G.   Memberi tempat untuk Home page.
H.   ISP untuk menerapkan antivirus untuk pelanggannya.


Refrensi

 

 

Komputer Jaringan - Globalmedia Stories Komputer Jaringan - Globalmedia Stories Reviewed by Cepi Yahya on February 16, 2017 Rating: 5

No comments

Popular Posts